Universitas Terbaik Di Palembang – Ini deretan kampus swasta terbaik di Kota Palembang menurut versi UniRank 2023. Memilih universitas yang tepat adalah langkah penting dalam meraih pendidikan tinggi yang berkualitas. Keputusan tersebut akan mempengaruhi pengalaman akademik, perkembangan profesional, dan peluang karier di masa depan. Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang tentu menjadi tujuan banyak calon mahasiswa di Sumatera Selatan yang ingin melanjutkan studinya di universitas swasta. Berstatu sebagai kota terbesar dan juga pusat ekonomi Sumsel, di Palembang tentu tak sulit mencari kampus swasta terbaik

Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di kota Palembang yang menduduki peringkat ke 56 terbaik di Indonesia versi UniRank. Universitas Sriwijaya atau yang dikenal juga dengan sebutan Unsri berlokasi di Jalan Masjid Al Gazali, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Dilansir dari laman resmi unsri.ac.id, pembangunan kampus Unsri baru dimulai pada tahun 1983 dengan bantuan dana Asian Development Bank (ADB). Secara fisik, pembangunan kampus ini baru dimulai pada tahun 1989 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 1993. Pada tanggal 1 September 1993, Gubernur Sumatera Selatan H Ramli Hasan Basri memberikan kuliah perdana sekaligus menjadi penanda awal kegiatan akademik di kampus tersebut.

Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Pilihan berikutnya tentang universitas terbaik di Palembang adalah UIN Raden Fatah Palembang. Perguruan tinggi negeri di Sumatera Selatan tersebut berhasil memperoleh akreditasi B. Terdapat hingga 525 dosen tetap. Sedangkan untuk jumlah mahasiswanya pada tahun 2019-2020 mencapai hingga 23.384 pelajar. Mendaftar kuliah di UIN Raden Fatah Palembang artinya kamu harus membayar biaya kuliah yang dibagi dalam lima kelompok. Menurut webometrics, UIN Raden Fatah berada pada urutan ke 5635 peringkat dunia.

Universitas Muhammadiyah Palembang

Universitas di Palembang berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang atau yang dikenal juga dengan UM Palembang menduduki peringkat ke 181 terbaik di Indonesia versi UniRank. UM Palembang berlokasi di Jl. Jend. Ahmad Yani 13 Ulu, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Universitas ini merupakan kampus swasta terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Dilansir dari laman resmi um-palembang.ac.id, Universitas Muhammadiyah Palembang berdiri sejak 15 Juni 1979 di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Universitas Terbaik Jurusan Aktuaria

Universitas PGRI Palembang

Kamu juga bisa mempertimbangkan Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera Selatan. Kampusnya sudah terakreditasi B total hingga 347 dosen tetap pada tahun 2019/2020. Universitas PGRI Palembang juga menjadi rumah bagi para mahasiswa dengan total hingga 10.767 pelajar. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa langsung menuju ke Jenderal Ahmad Yani lorong gotong royong nomor 910.

Universitas Bina Darma

Universitas di Palembang yang cukup populer selanjutnya adalah Universitas Bina Darma. Saat ini, Universitas Bina Darma menduduki peringkat ke 120 terbaik di Indonesia versi UniRank. Dilansir dari laman resmi binadarma.ac.id, Universitas Bina Darma atau dikenal juga dengan sebutan UBD merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di Jalan Jenderal A. Yani Palembang. UBD didirikan oleh Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc. dan kawan-kawan pada tanggal 28 Desember 1993.

Pendirian ini berdasarkan Akta Notaris Alia Ghani, S.H. Nomor: 95. Selanjutnya, pada tanggal 10 Maret 2001 terjadi sebuah perubahan pendiri Yayasan Bina Darma dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan nasional dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tanggal 30 April 2001 Yayasan Bina Darma mengambil alih pengelolaan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Graha Darma. Sehingga terjadi perubahan nama yayasan menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Darma. Terdapat tiga Sekolah Tinggi yang berada dalam naungan Yayasan Bina Darma yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Darma. Pada perkembangan selanjutnya, ketiga sekolah ini akhirnya digabung menjadi Universitas berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 112/D/0/2002 tanggal 7 Juni 2002.