Universitas Terbaik Di Medan – EduRank merupakan lembaga pemeringkatan internasional independen yang berpusat di Amerika Serikat. Kinerja perguruan tinggi secara global diukur melalui kualitas pengajaran, riset, dan citra universitas. EduRank memakai basis data 1,24 miliar sitasi dari 44,9 juta publikasi ilmiah terindeks, EduRank membuat perangkingan keluaran sgp universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan. Dalam pemeringkatan ini, EduRank juga menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas 187.497 alumni. Tiga belas academic field yang dilihat dalam pemeringkatan ini terdiri dari Art & Design, Biology, Business, Chemistry, Computer Science, Economics, Engineering, Environmental Science, Liberal Arts & Social Sciences, Mathematics, Medicine, Physics, dan Psychology.

Universitas Sumatera Utara

Seperti kota-kota besar lainnya, universitas di Medan juga telah berdiri dalam waktu yang cukup lama. Salah satu yang termasuk dalam universitas yang berusia tua di Medan adalah Universitas Sumatera Utara (USU). Institusi pendidikan tinggi negeri ini mulai didirikan pada tahun 1952 dengan nama Yayasan Universitas Sumatera Utara. Lokasi dari kampus utama USU terletak sangat strategis, berada di wilayah Padang Bulan yang berjarak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Medan. Kampus Padang Bulan ini memiliki luas yang cukup besar, yaitu sekitar 120 hektare. Selain itu, kampus-kampus lain dari USU tersebar di beberapa bagian kota Medan. Kampus Padang Bulan ini dilengkapi dengan fasilitas teknologi informasi yang mendukung proses belajar mengajar dan penelitian mahasiswa serta dosen. Tidak hanya itu, kampus ini juga menyediakan berbagai gatot kaca slot fasilitas lainnya, seperti asrama, lapangan olahraga, akomodasi tempat tinggal, kafetaria, toko, bank, dan kantor pos. Bahkan, sebuah rumah sakit pendidikan juga telah dibangun di lokasi kampus ini.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Ditahun 2021 ini UINSU menduduki peringkat ke 4 se-Sumatera Utara dengan menduduki perigkat 62 (Indonesia) dan peringkat 4 (Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara memiliki bebrepa fakultas yaitu

  • Ilmu Sosial
  • Syariah dan Hukum
  • Sains dan Teknologi
  • Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Dakwah dan Komunikasi
  • Ushuluddin dan Studi Islam
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kampus ini meraih peringkat ke 3 se -sumatera utara dan memperoleh peringkat 2 kampus swasta di Sumatera Utara, dengan posisi peringkat 59 (Indonesia) dan peringkat 3 (Sumatera Utara). universitas ini memiliki beberapa fakultas diantaranya.

  • Agama Islam
  • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Pertanian
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Teknik
  • Kedokteran
  • Pascasarjana

Universitas Medan Area

Bingung pilih kuliah swasta di Medan yang mana? Berikutnya ada Universitas Medan Area atau biasa disebut dengan UMA. Sejak peresmiannya pada tahun 1984, universitas ini semakin berkembang serta meningkatkan kualitas pendidikannya. Tak heran jika banyak mahasiswa dari luar Medan yang menuntut ilmunya di sana. Universitas ini telah terakreditasi B pada tahun 2010 dan memfasilitasi para mahasiswanya dengan fasilitas yang lengkap. Universitas ini menyediakan tujuh fakultas yang bisa dipilih bagi calon mahasiswanya, yakni sains dan teknologi, isipol, psikolgi, pertanian, teknik, ekonomi, dan bisnis, serta hukum. Para calon mahasiswanya bisa memilih satu dari 21 prodi (program studi)

Baca Juga : Beberapa Tips Untuk Lulus Dengan Predikat Cumlaude

Universitas Negeri Medan

Unimed adalah universitas negeri yang berlokasi di Kota Medan. Awalnya, institusi ini didirikan pada tanggal 23 Juni 1963 di Medan, Sumatra Utara, dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan (IKIP Medan). Pada tanggal 7 Oktober 1999, institusi ini mengalami perubahan menjadi universitas setelah sebelumnya hanya menyelenggarakan program studi kependidikan (Dik), seperti Sarjana Pendidikan (S.Pd). Setelah bertransformasi menjadi universitas, Unimed juga memperluas penawaran programnya dengan menambahkan program sarjana non-kependidikan seperti Sarjana Sains (S.Si), Sarjana Ekonomi (S.E), Sarjana Sastra (S.S), dan lainnya sesuai dengan berbagai jurusan atau program studi non-kependidikan yang disediakan.